Perkembangan Bayi 6 Bulan

perkembangan bayi 6 bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan selalu menjadi paling dinanti orang tua. Oleh karena menginjak usia ini, bayi akan mengalami perubahan yang sangat banyak dari perubahan perkembangan bayi pada bulan sebelumnya. Baik perkembangan bayi 6 bulan mulai dari kemampuan berbicara, pola makan, motoriknya bahkan metabolisme tubuhnya pun akan berubah menjadi sangat signifikan. Tentunya, melihat hal ini orang tua baru perlu memperhatikan perkembangan bayi 6 bulan berikut ini.

1.      Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik adalah kemampuan yang berhubungan dengan seluruh otot yang ada pada tubuh baik. Perkembangan bayi 6 bulan dari kemampuan motoriknya adalah dapat mengontrol kepala, badan dan mengepalkan tangan. Dengan demikian anda akan melihat si kecil sudah mampu menengok ke kiri atau ke kanan, mampu membolak balikan badan melalui posisi tengkurap dan mampu memegang benda lain. Selain itu kemampuan lain seperti duduk sudah bisa dilakukan pada perkembangan bayi 6 bulan. Cara membantu kemampuan motorik pada perkembangan bayi 6 bulan supaya lebih aktif dengan melakukan kegiatan menendang, berlari, bermain puzzle, menyusun balok dan memasukkan benda ke dalam lubang.

2.      Kebutuhan Nutrisi

Hampir setiap pertumbuhan dan perkembangan bayi membutuhkan kebutuhan nutrisi. Hanya saja untuk setiap bayi pada bulannya akan berbeda. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh pertumbuhan bayi. Usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan nutrisi tambahan sebagai pengimbang ASI menggunakan makanan tambahan ASI. Beberapa menu yang bisa anda tambahkan pada menu harian si kecil adalah buah yang mengandung banyak air seperti melon, jeruk, tomat, pisang, biskuit dan bubur.

3.      Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh pada bayi tentunya mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan. Anda dapat melihat perubahan ini dari pertumbuhan dan perkembangan berat badan, tinggi badan, kemunculan gigi dan lingkar kepala. Pada perkembangan berat badan, bayi 6 bulan biasanya memiliki rata rata berat badan 5.8 – 9.2 kg. Sedangkan tinggi badan mencapai 63 – 72 cm. Pertumbuhan gigi pada perkembangan bayi 6 bulan sudah ada tetapi pada umumnya bayi berusia 7 bulan baru mengalami munculnya gigi. Terakhir antara lingkar gigi pada pertumbuhan dan perkembangan bayi 6 bulan adalah 40.5 – 46 cm.

Baca Juga :  Tak Usah Risau! Inilah 7 Posisi Cara Menyusui yang Benar Untuk Ibu Baru

4.      Kebutuhan Tidur

Semakin bertambah usia manusia, kebutuhan tidur lambat laun dengan sendirinya akan berkurang. Tidak terkecuali pada bayi sekalipun. Perkembangan bayi 6 bulan dalam kebutuhan tidur memang sangat penting selain membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh si kecil. Adapun kebutuhan tidur rata rata bayi adalah 14 jam sehari. Beberapa bayi yang kekurangan tidur tentunya akan mengalami kelelahan pada jam yang tidak seharusnya. Oleh karena itu baik orang tua bayi usia 6 bulan perlu mengetahui bagaimana cara menidurkan baik sesuai jam tidurnya.

5.      Perkembangan Emosional

Ketika anda melihat reaksi si kecil apa yang ada dalam pikiran anda ?. Lucu dan menggemaskan bukan ?. Pada usia 6 bulan sendiri, bayi sudah mengenal banyak sekali bentuk ekspresi wajah. Mulai dari wajah senang, sedih, kesal, tertawa dan sebagainya. Perubahan ekspresi wajah si kecil sangat jelas terlihat ketika kebutuhan bayi anda terpenuhi dan tidak terpenuhi.

perkembangan bayi 6 bulan

Biasanya saat sifat emosional si kecil sangat tinggi akan diikuti rasa iritabilitas yang tinggi. Contohnya saat si kecil ingin bermain dengan anda, tentunya si kecil akan memanggil anda. Apabila anda tidak meresponnya tentu si kecil akan merasa jengkel sehingga akan menangis.