Tak Usah Risau! Inilah 7 Posisi Cara Menyusui yang Benar Untuk Ibu Baru

cara menyusui yang benar

Kebingungan terkait posisi menyusui yang benar sudah pasti akan dialami oleh ibu baru. Meskipun kebahagiaan memiliki buah hati mendominasi ketika menjadi ibu baru, tapi, kecemasan tidak bisa memberikan ASI dengan baik juga akan muncul. Tahap pasca-melahirkan menjadi salah satu masa terberat bagi ibu baru.

Belum lagi jika orang-orang di sekitar terlalu banyak memberikan saran tentang bagaimana cara menyusui yang benar. Anda malah semaki kelimpungan untuk bisa mempraktekkan informasi yang didapat.

Nyatanya, memberikan ASI sebenarnya cukup sederhana. Begitu lahir, bayi sudah memiliki kemampuan menyusu secara mandiri. Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebaiknya simak panduan posisi menyusui yang benar berikut ini :

  • Berbaring Miring

Saat merasa nyeri ataupun lelah, posisi ini amat disarankan. Pada posisi ini, sebaiknya Anda maksimalkan bentuk payudara serta berilah ruang bagi bayi untuk menggerakkan badan. Tubuh bayi harus dihadapkan ke arah ibu dan mulutnya dihadapkan pada puting susu ibu. Sementara lehernya ditengadahkan sedikit.

  • Posisi Duduk

Pada posisi duduk, Anda sebaiknya memberikan topangan atau sandaran pada bagian punggung. Posisi harus tegak lurus terhadap pangkuannya. Anda juga bisa duduk bersila di atas tempat tidur atau lantai. Duduk di atas kursi juga diperbolehkan.

Bayi sebaiknya ditopang pada bagian bahu. Sehingga, kepalanya menengadah. Penopang kepala bayi menggunakan jari tangan yang telentang atau bisa juga pada lekukan siku sang ibu. Bungkuslah bayi menggunakan bedong sehingga tangannya ada di samping badan.

  • Posisi Menyusui yang Benar The Cradle (Posisi Mendekap)

Posisi ini sangat dianjurkan untuk menyusui bayi baru lahir. Caranya deegan memastikan punggung Anda kuat mendukung posisi ini. Jaga bayi pada perut hingga kulit Anda dan bayi bersentuhan. Biarkanlah tubuhnya menghadap ke arah Anda. lalu, letakkan kepalanya pada bagian dalam siku Anda.

  • Posisi Menyusui yang Benar The Cross Cradle Hold (Posisi Mendekap Silang)

Cara menyusui dengan posisi the cross cradle hold adalah satu lengan menopang tubuh bayi, semenatra lengan lainnya menopang kepala. Posisi ini mirip seperti posisi duduk. Akan tetapi, Anda memiliki kontrol yang lebih besar pada kepala bayi. The cross cradle hold paling cocok untuk bayi premature dan ibu yang memiliki puting payudara kecil.

  • Posisi Menyusui yang Benar The Football Hold (Posisi Pencengkeram atau Sepakbola)

Anda pegang bayi  di samping dengan posisi kaki bayi di belakang dan bayi terselip pada bawah lengan. Seolah-olah Anda sedang memegang bola. Posisi ini paling baik bagi ibu yang melahirkan dengan proses caesar. Baik juga untuk ibu dengan ukuran payudara yang besar. Gunakan bantal untuk menopang tubuh bayi untuk posisi the football hold.

  • Saddle Hold (Posisi Duduk)

Posisi ini cukup menyenangkan bagi bayi lebih dari 6 bulan. Caranya, dudukkan bayi tegak di pangkuan Anda. Sementara kakinya mengangkangi tubuh Anda. Nah, posisi ini sangat baik untuk menyusui anak yang sedang pilek atau sakit telinga.

  • The Lying position (berbaring)

Menyusui dengan berbaring akan memberikan Anda kesempatan untuk beristirahat dan tidur lebih nyenyak pada malam hari. Sehingga, Anda tetap bisa tidur saat bayi sedang menyusu. Topanglah punggung dan kepala bayi menggunakan bantal yang empuk. Pastikan juga perut si kecil menyentuh tubuh Anda.

Tapi, jika payudara sedang lecet akan menyebabkan kurang nyaman saat menyusui. ]

Menyusui adalah media Anda bisa memberikan nutrisi terbaik di tahun-tahun pertama Si Kecil. Pun, Anda bisa lebih dekat secara emosional terhadapnya. Pastikan memberikan segala yang terbaik tanpa membuat Anda merasa terbebani.

Baca Juga :   Perkembangan Bayi 6 Bulan